RINGKASAN
MATERI TAJWID
Alhamdulillahirabbil’alamin,
bersyukur kepada Allah Saw atas nikmat iman dan Islam
Pada unggahan
kali ini, kami kutipkan ringkasan materi tajwid dari buku “Pedoman Tajwid
Lengkap” karya Acep Iim Abdurrahim dari CV Penerbit Diponegoro. Adapun seperti
rangkuman materi dari buku lainnya, motif dari tulisan ini beralasan atas
keterbatasan referensi yang kami hadapi sebagai warga yang berada di daerah
pelosok. Sementara keperluan akan materi ini rasanya mendesak, terutama apalagi
ilmu ini berkaitan dengan keperluan akan proses perbaikan bacaan Al-Qur’an. Alasan
lain ialah, untuk memudahkan anak-anak kami untuk belajar mandiri materi tajwid
ini di luar jam sekolah. Semoga bermanfaat, semoga menjadi amal jariyah bagi
penulis dan ahli keluarga. Untuk pembaca agar mendapatkan penjelasan lebih luas
silakan merujuk dan miliki buku dari penulis.
1.
HUKUM NUN SUKUN (نْ)/TANWIN(ً
ٍ ٌ )
Hukum |
Penjelasan |
Contoh Nun
Sukun |
Contoh Tanwin |
IQLAB |
Apabila nun
sukun/tanwin bertemu dengan
huruf: ب |
مِنْ بَعْدٍ يَنْبَغِى |
كِرَامٍ بَرَرَةٍ سَيِّئَةٍ بِمَا |
IZHAR |
Apabila nun
sukun/tanwin bertemu dengan
huruf: ء ع ح ه خ غ |
مِنْ عَلَقٍ مِنْهُمْ |
قَوْمٍ هَادٍ حَلِيْمًا
غَفُوْرًا |
IDGHAM Bighunnah |
Apabila nun
sukun/tanwin bertemu dengan
huruf: ي ر م ل و ن |
مَنْ يَعْمَلْ مِنْ وَّلِيٍّ |
قَوْمًا نَّكَثُوْا حِسَاً يَسِيْرًا |
IDGHAM Bila Ghunnah |
Apabila nun
sukun/tanwin bertemu dengan
huruf: ل ر |
مِنْ رَّبِّكَ مِنْ رِزْقٍ |
خَيْرٌ لَكَ غَفُوْرٌ رَحِيْمٌ |
IKHFA’ |
Apabila nun
sukun/tanwin bertemu dengan
huruf: ت ث ج د ذ ز س ش ص ض ط ظ ف ق ك |
مِنْ قَبْلِكَ وَلا اَنْتُمْ |
عَهْدً كَلَّا مآءٍ دَافِقٍ |
2. HUKUM
MIM SUKUN
Mim sukun (مْ) bertemu dengan
huruf |
ب |
Ikhfa’ Syafawi (اَلْاِخْفَاءُ
الشَّفَوٍيُّ): هُمْ بِذَالِكَ / تَرْمِيْهِمْ
بِحِجَارَةٍ |
م |
Idgham
Miimi/mutamastilain (اَلْاِدْغَاءُ الْمِيْمِيُّ): لَهُمْ مَثَلًا /
عَلَيْهِمْ مُّؤْصَدَةٌ |
|
Selain ب dan م , misalnya: ش ك ض dan lainnya |
Izhar Syafawi (اَلْاِظْهَارُ الشَّفَوٍيُّ): هُمْ شَرٌّ / أَنَّهُمْ
كَانُوْا / هُمْ ضَلُّوْا |
3. HUKUM
LAM
Hukum
Lam Jalalah (اَلْاَحْكَامُ لَامِ الْجَلَالَةِ)
Tarqiq |
Lafal Allah didahului
huruf berharakat kasrah (ِ + الله) |
يَرْفَعِ اللهُ وَبِاللهِ |
Taghlizh |
Lafal Allah didahului
huruf berharakat fathah atau dhammah (َ/ ُ + الله ) |
إِنَّ اللهَ رَسُوْلُ اللهِ |
4. HUKUM
QALQALAH
Secara
bahasa qalqalah adalah: اَلتَّحَرُّكُ وَالْاِضْتِرَابُ , yang artinya: bergerak dan bergetar.
Secara
istilah qalqalah ialah: suara tambahan (pantulan) yang kuat dan jelas yang
terjadi pada huruf yang bersukun setelah menekan pada makhraj huruf tersebut.
Hukum qalqalah terjadi pada huruf tertentu yaitu: ب ج د ط ق. Pembagian qalqalah:
Qalqalah
sughra= |
terjadi dalam 2
kondisi: 1.
huruf qalqalah bertanda sukun
asli 2. berada
di tengah kalimat |
حَبْلٌ / تُجْزَوْنَ / مُدْبِرِيْنَ /
يَطْمَعُوْنَ / رَزَقْنَاهُمْ |
Qalqalah kubra=
|
terjadi dalam 2
keadaan: 1. bersukun aridhi (huruf yang bersukun karena dibaca waqaf) 2. bersukun
di akhir kalimat |
حِسَابٍ / بَهِيْجٍ / لَشَدِيْدٍ / مُحِيْطٌ /
بِالْحَقِّ |
5. HUKUM
MAD FAR’I (اَلْاَحْكَامُ
الْفَرْعِيُّ)
NO |
NAMA MAD |
URAIAN SINGKAT |
HARAKAT |
CONTOH |
1 |
Mad Lazim Harfi
Musyba’ Mutsaqqal |
Mad pada ejaan
huruf fawatihus suwar yang tiga ejaan huruf dan terjadi idgham |
6 |
الم |
2 |
Mad Lazim Harfi
Musyba’ Mukhaffaf |
Mad pada ejaan
huruf fawatihus suwar yang tiga ejaan huruf dan tidak terjadi idgham |
6 |
عسق |
3 |
Mad Lazim Harfi
Mukhaffaf |
Mad pada ejaan
huruf fawatihus suwar yang dua ejaan huruf |
6 |
طه |
4 |
Mad Wajib
Muttashil |
Bertemunya mad
ashli/thabi’i dan hamzah dalam 1 kata |
5 |
السَرَّآءُ جَآءَ |
5 |
Mad Jaiz
Munfashil |
Bertemunya mad
ashli/thabi’i dan hamzah tidak dalam 1 kata |
2, 4, 5 |
فِيْ اَحْسَنِ لَاأَعْبُدُ |
6 |
Mad Badal[1] |
Berkumpulnya
huruf mad dan hamzah dalam 1 kata |
2 |
ٰاَمَنُوْا / اُوْتِيَ / اِيْمَانًا |
7 |
Mad Lazim
Kalimi (Kilmi) Mutsaqqal |
Bertemunya mad
ashli dengan huruf bertasydid dalam 1 kata |
6 |
كَآفَّةٌ /
اَلْحَآقَّةُ / وَلَا الضَّآلِّيْنَ |
8 |
Mad Lazim
Kalimi (Kilmi) Mukhaffaf |
Bertemunya mad
badal dengan huruf bersukun |
6 |
آلْئَنَ[2] |
9 |
Mad ‘Aridh Lis
Sukun |
Mad ashli yang
dibaca waqaf pada huruf yang bersukun ‘aridhi (sukun karena waqaf) |
2, 4, 6 |
عَذَابٌ اَلِيْمٌ الْعِقَابِ مُسْلِمُوْنَ |
10 |
Mad ‘Iwadh |
Tanwin fathah
yang dibaca mad karena bacaan diwaqafkan |
2 |
اَحَدًا وَنِسَاءً |
11 |
Mad Liin
(Layyin) |
Mad karena
waqaf pada waw atau ya bersukun (وْ / يْ) dan diawali huruf yang
berharakat fathah (َ) |
2, 4, 6 |
مِنْ خَوْفٍ فِيْ شَيْءٍ |
12 |
Mad Shilah
Qashirah |
Ha dhamir yang
dibaca mad dan tidak menghadapi hamzah |
2 |
لِرَبِّهِ
لَكَنُوْدٌ إِنَّهُ لَقَوْلٌ |
13 |
Mad Shilah
Thawilah |
Ha dhamir yang
dibaca mad dan menghadapi hamzah |
5 |
بِهِ~أَزْوَاجًا عِنْدَهُ~إِلَّا |
14 |
Mad Tamkin |
Bertemunya dua
huruf ya: ya pertama berharakat kasrah dan bertasydid (يِّ) dan
yang kedua berharakat sukun (يْ) |
2 |
حُيِّيْتُمْ الْحَوَارِيِّيْنَ |
15 |
Mad Farq |
Bertemunya mad
badal dengan huruf yang bertasydid |
6 |
ءآللهُ[3] قُلْ
ءَآلذَّكَرَيْنِ[4] |
6. TANDA-TANDA
WAQAF
LAMBANG |
NAMA WAQAF |
KETERANGAN |
م |
وَقْفٌ لَازِمٌ |
Mesti berhenti |
ط |
وَقْفٌ مُطْلَقٌ |
Tempat yang
sempurna untuk berhenti |
ج |
وَقْفٌ جَائِزٌ |
Boleh berhenti
– boleh diteruskan |
ز |
وَقْفٌ مَجُوْزٌ |
Boleh berhenti |
ص |
وَقْفٌ مُرَخَّصٌ |
Tempat
berhenti, sebagai keringanan bagi orang yang memerlukan |
قف / قلى |
اَلْوَقْفُ أَوْلَى |
Berhenti lebih
utama |
صلى |
اَلْوَصْلُ أَوْلَى |
Diteruskan
lebih utama |
ق |
قِيْلَ عَلَيْهِ
الْوَقْفُ |
Menurut satu
pendapat, di tempat ini boleh berhenti (ikhtilaf) |
لا |
عَدَمُ الْوَقْفِ |
Tidak boleh
berhenti (Jika berhenti,
bacaan mesti diulang (muraja’ah)) |
ك |
كَذَالِكَ
مُطَابِقٌ عَلَى مَا قَبْلُهُ |
Sama seperti
waqaf sebelumnya Misalnya
sebelumnya ج , maka waqaf ini pun ج |
ء / ع |
رُكُوْعٌ |
Tanda ruku’
untuk akhir surah atau akhir ayat tertentu |
.: .: |
مُعُانَقَةٌ |
Boleh berhenti
pada salah satu tanda ini, tetapi tidak boleh berhenti pada keduanya[5] |
Walhamdulillahirabbil’alamin.
Sekian, salam takzim, Anassekuduk.
Kamis, 23-12-2021. Dimulai +-10.00-15.03 wib
[1] Beberapa catatan:
-Lafal اَمَنُوْا asalnya
adalah اَأْمَنُوْا , selanjutnya hamzah kedua diganti menjadi اَأْمَنُوْا > ءَامَنُوْا > اٰمَنُوْا . Lafal اِيْمَانًا asalnya اِأْمَانًا . Lafal اُوْتِيَ asalnya اُأْتِيَ
-Pengecualian lafal اُوْحِيَ bukan mad
badal karena asal katanya adalah اَوْحَى . Waw pada pada lafal اُوْحِيَ merupakan waw asli bukan waw pengganti (badal).
Demikian pula lafal الله , مَلِكِ (maaliki)
, (jannaati) جَنَّةِ bukan mad
badal melainkan mad ashli karena terjadi mad bukan pada huruf hamzah
-dapat disimpulkan kaidah: setiap hamzah yang bersukun akan berubah
menjadi huruf mad: alif, waw atau ya.
[2] Terdapat
di QS. Yunus: 51 dan 91
[3] QS.
An-Naml: 59
[4] QS.
Al-An’am: 143 dan 144
[5] Contoh
di Al-Baqarah: 2 boleh berhenti pada salah satu lafal رَيْبَ atau فِيْهِ tetapi
tidak boleh pada keduanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar