KONSEP MATERI
PIK-R/REMASJD JAMI’ JAMI’ATULKHAIRIYAH SEKUDUK
Bismillahirrahmanirrahim.
Alhamdulillahirabbil’alamin,
bersyukur kepada Allah Saw atas nikmat iman dan Islam yang
dengannya kita menjalani hidup hingga saat ini. Shalawat dan salam semoga Allah
Swt anugerahkan buat junjungan kita, Nabi Muhammad Saw serta ahli keluarga,
kerabat dan sahabat baginda.
Alhamdulillah,
kegiatan rutin bimbingan kepada adik-adik oleh abang dan kakak di PIK-R
Jami’atul Khairiyah Sekuduk yang diadakan setiap Kamis malam/malam Jum’at masih
tetap terlaksana dengan lancar-jayanya. Penghargaan dan terima kasih kepada
semua pihak yang terlibat langsung serta kepada para partisipan dan supporter
yang terus memberikan dukungan baik morel maupun materiil selama ini.
Taqabbalallahu minna wa minkum, semoga Allah Swt memandang
segala yang dilaksanakan dan berikan sebagai amal baik. Semoga menjadi amal
jariyah serta memberi dampak positif buat adik-adik serta abang kakak yang
terlibat langsung dalam kegiatan ini tiap pekannya. Semoga tetap istiqamah dan
bisa memberikan program-program yang lebih baik dan baik lagi ke depannya. Amin
ya Rabbal ‘alamin.
Adapun pada
unggahan kali ini, kami cantumkan beberapa pilihan selingan atau materi
pendamping untuk kegiatan mingguan kita yang mungkin bisa diadopsi dan
diadaptasi menyesuaikan dengan situasi-kondisi jika diperlukan.
1.
Hafal Hadits
Untuk adik-adik bisa
diberikan materi hadits singkat, teknis penyampaiannya bisa dengan memberikan
fotocopy hadits atau meminta mereka menulis di buku masing-masing setelah
dituliskan di papan tulis. Berikut kami kutipkan di antara hadits yang bisa
diberikan (saudara pembaca bisa berinisiatif mencari hadits-hadits lain untuk
diberikan, di bawah ini kami menyampaikan contoh saja).
No. |
Matan Hadits |
Terjemah |
1 |
الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ |
Sombong itu
adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain (HR. Muslim dari Abdullah
bin Mas’ud) |
2 |
مِنْ حُسْنِ إِسْلَامِ الْمَرْءِ تَرْكُهُ مَا
لَا يَعْنِيْهِ |
Di antara
petanda kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak
bermanfaat baginya. (HR. Tirmidzi) |
3 |
إِنَّ اللهَ جَمِيْلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ |
Sesungguhnya
Allah itu Maha Indah dan menyukai keindahan. (HR. Muslim no. 91) |
4 |
خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَ
عَلَّمَهُ |
Sebaik-bak
kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya. (HR. Bukhari no.
5027) |
5 |
أَفْشُوا السَّلَامَ بَيْنَكُمْ تَحَابُّوْا |
Sebarkanlah
salam di antara kalian, niscaya kalian akan saling mencintai. (HR. Al-Hakim
dalam Shahih al-Jami’ no. 1085) |
6 |
تَهَادُّوْا تَحَابُّوْا |
Hendaklah
kalian saling memberi hadiah, niscaya kalian akan saling menyayangi. (HR. Abu
Ya’la) |
7 |
اَلْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ |
Kalimat yang
baik adalah sedekah. (HR. Ahmad, shahih, At-Ta’liqat al-Hisan no. 472
) |
8 |
تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ أَخِيْكَ لَكَ صَدَقَةٌ
|
Senyummu di
hadapan saudaramu adalah sedekah. (HR. Tirmidzi, Shahih al-Jami’ no. 2908) |
9 |
إِنَّا نُهِيْنَا أَنْ تُرَى عَوْرَاتُنَا |
Sesungguhnya
kita dilarang menampakkan aurat kita. (HR. Al-Hakim) |
10 |
أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِيْنَ إِيْمَانًا
أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا |
Orang mukmin
yang paling sempurna/baik imannya adalah yang paling baik akhlaknya. (HR.
Tirmidzi) |
TEKNIS:
Di antara teknis pelaksaannya dapat
dilakukan dengan beberapa pilihan:
ü Menghafal
Pilih satu hadits, lalu bentuklah
kelompok, misalnya satu kelompok terdiri atas 3 anak. Berikan mereka kertas fotocopy hadits
atau minta mereka menulis di buku masing-masing hadits yang telah kita catatkan
di papan tulis. Lalu fasilitator mencontohkan cara membaca yang benar dan minta
anak-anak mengikuti (di sini secara tidak langsung kita bisa mengajarkan baca
tulis hadits kepada anak-anak). Kemudian beri mereka waktu
(boleh ditentukan fasilitator, misalnya 5 menit. Atau berikan kepada anak-anak
pilihan perlu berapa menit untuk menghafalkannya, entah 3, 4, 5 atau seperlunya (dengan teknis ini kita bisa
melatih demokratis kepada anak-anak untuk berlatih mengemukakan
masukan/idenya). Selanjutnya untuk menghafal ke depan bisa dengan acak kelompok
mana yang maju lebih dahulu. Menghafal pun bisa dipilih: per kelompok diwakili 1
anak atau masing-masing anak disuruh menghafalkan.
ü Menulis
Berikan 1 hadits pilihan. Beri waktu kelompok atau
masing-masing anak untuk mengingat tulisan hadits tersebut. Setelah waktu
habis, mintalah anak menuliskan hadits tersebut tanpa melihat teks di kertas
yang dibagikan oleh fasilitator.
ü Menyambung hafalan
Bentuk kelompok yang terdiri dari masing-masing 3 anak. Kemudian pilih 1
hadits. Misalnya: خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَ عَلَّمَهُ . Lalu
kita bagi menjadi:
وَ عَلَّمَهُ |
تَعَلَّمَ
الْقُرْآنَ |
خَيْرُكُمْ مَنْ |
Beri waktu misalnya 5 menit untuk
masing-masing anak menghafalkan matan hadits tersebut. Lalu suruh kelompok maju
membacakan secara bergiliran berurutan matan haditsnya. Penilaian bisa diskor
dari 1-4 meliputi misalnya: Kelancaran, Kefasihan,
Kecepatan (pakai stopwatch). Tentunya penilaian ini bisa
diadaptasi sesuai sikon rekan-rekan pembaca/fasilitator.
ü Menghafal mufradat
خَيْرُكُمْ Sebaik-baik
kalian |
مَنْ Siapa |
تَعَلَّمَ Mempelajari |
الْقُرْآنَ Al-Qur’an |
وَ عَلَّمَهُ Dan
mengajarkannya |
Materi ini bisa dijadikan sebagai
pengantar untuk memberikan doorprize. Teknis pelaksanaan misalnya:
bacakan/tuliskan hadits ini, bacakan/tulis mufradatnya. Lalu mungkin setelah
pemateri tausiyah, adakan doorprize untuk 5 anak. Siapa yang bisa menjawab dapat
diberikan hadiah.
TEKNIK PEMBENTUKAN
KELOMPOK:
Ø -misalnya kita akan membuat 1 kelompok= 3 anak: tuliskan nama
masing-masing anak di secarik kertas, kumpulkan. Lalu fasilitator mengacak nama
yang terkumpul lalu mencabut 3 nama yang akan menjadi kelompok 1, kelompok 2
dst.
Ø -misalnya anak yang terkumpul ada 21 orang. Kita bisa
menuliskan angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 masing-masingnya
di 3 lembar carikan kertas. Mintalah anak mencabut 1 kertas, maka kemudian
suruhlah anak yang mencabut angka 1 berkumpul dengan 2 temannya yang lain yang
juga mendapat carikan kertas nomor 1, yang mencabut nomor 2 berkumpul sesama
nomor 2, dst.
Ø Teknis pembentukan kelompok lainnya yang lebih
efektif bisa saudara pengunjung kreasikan sendiri.
2.
Hafalan Materi
Pengetahuan Islam Dasar
Anak-anak bisa diberikan materi
pengetahuan dasar Islam seperti:
Ø Rukun
Iman
1 |
Iman kepada
Allah Swt |
2 |
Iman kepada
Malaikat |
3 |
Iman kepada
Kitab-kitab |
4 |
Iman kepada
Rasul |
5 |
Iman kepada
Hari Akhir |
6 |
Iman kepada
Qadha’ dan Qadr |
Ø Rukun
Islam
1 |
Syahadat |
2 |
Shalat |
3 |
Puasa |
4 |
Zakat |
5 |
Haji |
Ø Rukun
shalat
1 |
Berdiri |
2 |
Niat |
3 |
Takbiratul
ihram |
4 |
Membaca QS.
Al-Fatihah |
5 |
Rukuk dan
thuma’ninah |
6 |
I’tidal dan
thuma’ninah |
7 |
Sujud 2
kali dan thuma’ninah |
8 |
Duduk di antara
2 sujud dan thuma’ninah |
9 |
Duduk tahiyat
akhir |
10 |
Membaca tahiyat
akhir |
11 |
Membaca shalawat |
12 |
Memberi salam |
13 |
Tertib |
Ø Rukun
haji
1 |
Niat Ihram |
2 |
Wukuf |
3 |
Thawaf |
4 |
Sa’i |
5 |
Tahallul |
6 |
Tertib |
Ø Nama-nama
Malaikat
1 |
Jibril |
2 |
Mikail |
3 |
Ridwan |
4 |
Malik |
5 |
Munkar |
6 |
Nakir |
7 |
Raqib |
8 |
Atid |
9 |
Israfil |
10 |
Izrail |
Ø Nama-nama
Nabi
1 |
Adam |
6 |
Ibrahim |
11 |
Yusuf |
16 |
Zulkifli |
21 |
Yunus |
2 |
Idris |
7 |
Luth |
12 |
Ayyub |
17 |
Daud |
22 |
Zakaria |
3 |
Nuh |
8 |
Ismail |
13 |
Syu’aib |
18 |
Sulaiman |
23 |
Yahya |
4 |
Hud |
9 |
Ishaq |
14 |
Musa |
19 |
Ilyas |
24 |
Isa |
5 |
Shalih |
10 |
Ya’qub |
15 |
Harun |
20 |
Ilyasa’ |
25 |
Muhammad |
Ø Nama-nama
Bulan Hijriyah
1 |
Muharram |
7 |
Rajab |
2 |
Shafar |
8 |
Sya’ban |
3 |
Rabi’ul Awwal |
9 |
Ramadhan |
4 |
Rabi’ul Akhir |
10 |
Syawal |
5 |
Jumadil Awwal |
11 |
Dzulqaidah |
6 |
Jumadil Akhir |
12 |
Dzulhijjah |
Catatan: untuk memudahkan anak-anak
menghafal bisa dibantu dengan memutarkan nasyid nama-nama bulan, nama malaikat,
nama nabi dari nasyid grup Raihan misalnya.
3.
Game Teka-teki
Game ini misalnya bisa diambil dari
materi yang disampaikan oleh narasumber/penyampai tausiyah/kultum yang bertugas
pada hari kegiatan. Misalnya ketika narasumber menyampaikan materi tentang isi
kandungan hadits:
الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ |
Sombong itu
adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain (HR. Muslim dari Abdullah
bin Mas’ud) |
Game ini bisa berupa
pertanyaan: 1. Siapa periwayat haditsnya? 2. Siapakah nama sahabat
Nabi Saw yang menerima hadits tersebut? 3. Apa pengertian sombong? 4. Apa lawan kata dari sombong? Dan sebagainya.
Atau bisa juga disampaikan
materi tentang tajwid: misalnya tentang hukum nun sukun/tanwin. Lalu sampaikan
pembagian hukum dan huruf-hurufnya:
Iqlab
|
ب |
Izhar
|
ء ع ح ه خ غ |
Idgham
|
ي ر م ل و ن ينمو (بِغُنَّة) ل ر (بِلَا غُنَّة) |
Ikhfa’
|
ت ث ج د ذ ز س ش ص ض ط ظ ف ق ك |
Lalu bisa dibuat variasi
game dengan petunjuk...
Berilah tanda pada
huruf-huruf di dalam tabel berikut dengan:
Iqlab= O (Lingkaran)
Izhar= ◊ (Persegi)
Idgham= ∆ (Segitiga)~
Ikhfa’=
_ (Garis bawah)
ج |
ص |
ح |
ء |
ي |
ب |
ع |
ش |
ث |
ن |
ق |
ت |
و |
د |
خ |
ظ |
س |
غ |
م |
ز |
ك |
ه |
ف |
ل |
ط |
ذ |
ض |
ر |
4.
LCC
LCC juga bisa diberikan sebagai selingan
untuk kegiatan rutin. Berikan fotocopy materi yang akan dilombakan, lalu LCC
bisa dilaksanakan pada pertemuan mendatang.
5.
Buat Buku Jurnal
Kegiatan
Contoh format:
Hari/Tanggal : aaa/00-00-0000
Pengisi :
-
Mc =
....
-
Narasumber/Materi
(Tausiyah ) = ............/.....................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
-
Kegiatan
=
Sekian, salam takzim, Anassekuduk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar