Selasa, 21 Desember 2021

KONSEP MATERI PIK-R/REMASJD JAMI’ JAMI’ATULKHAIRIYAH SEKUDUK

 

KONSEP MATERI PIK-R/REMASJD JAMI’ JAMI’ATULKHAIRIYAH SEKUDUK

Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillahirabbil’alamin, bersyukur kepada Allah Saw atas nikmat iman dan Islam yang dengannya kita menjalani hidup hingga saat ini. Shalawat dan salam semoga Allah Swt anugerahkan buat junjungan kita, Nabi Muhammad Saw serta ahli keluarga, kerabat dan sahabat baginda.

Alhamdulillah, kegiatan rutin bimbingan kepada adik-adik oleh abang dan kakak di PIK-R Jami’atul Khairiyah Sekuduk yang diadakan setiap Kamis malam/malam Jum’at masih tetap terlaksana dengan lancar-jayanya. Penghargaan dan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat langsung serta kepada para partisipan dan supporter yang terus memberikan dukungan baik morel maupun materiil selama ini. Taqabbalallahu minna wa minkum, semoga Allah Swt memandang segala yang dilaksanakan dan berikan sebagai amal baik. Semoga menjadi amal jariyah serta memberi dampak positif buat adik-adik serta abang kakak yang terlibat langsung dalam kegiatan ini tiap pekannya. Semoga tetap istiqamah dan bisa memberikan program-program yang lebih baik dan baik lagi ke depannya. Amin ya Rabbal ‘alamin.

Adapun pada unggahan kali ini, kami cantumkan beberapa pilihan selingan atau materi pendamping untuk kegiatan mingguan kita yang mungkin bisa diadopsi dan diadaptasi menyesuaikan dengan situasi-kondisi jika diperlukan.

1.      Hafal Hadits

Untuk adik-adik bisa diberikan materi hadits singkat, teknis penyampaiannya bisa dengan memberikan fotocopy hadits atau meminta mereka menulis di buku masing-masing setelah dituliskan di papan tulis. Berikut kami kutipkan di antara hadits yang bisa diberikan (saudara pembaca bisa berinisiatif mencari hadits-hadits lain untuk diberikan, di bawah ini kami menyampaikan contoh saja).

No.

Matan Hadits

Terjemah

1

الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

Sombong itu adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain (HR. Muslim dari Abdullah bin Mas’ud)

2

مِنْ حُسْنِ إِسْلَامِ الْمَرْءِ تَرْكُهُ مَا لَا يَعْنِيْهِ

Di antara petanda kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat baginya. (HR. Tirmidzi)

3

إِنَّ اللهَ جَمِيْلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ

Sesungguhnya Allah itu Maha Indah dan menyukai keindahan. (HR. Muslim no. 91)

4

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَ عَلَّمَهُ

Sebaik-bak kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya. (HR. Bukhari no. 5027)

5

أَفْشُوا السَّلَامَ بَيْنَكُمْ تَحَابُّوْا

Sebarkanlah salam di antara kalian, niscaya kalian akan saling mencintai. (HR. Al-Hakim dalam Shahih al-Jami’ no. 1085)

6

تَهَادُّوْا تَحَابُّوْا

Hendaklah kalian saling memberi hadiah, niscaya kalian akan saling menyayangi. (HR. Abu Ya’la)

7

اَلْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ

Kalimat yang baik adalah sedekah. (HR. Ahmad, shahih, At-Ta’liqat al-Hisan no. 472 )

8

تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ أَخِيْكَ لَكَ صَدَقَةٌ

Senyummu di hadapan saudaramu adalah sedekah. (HR. Tirmidzi, Shahih al-Jami’ no. 2908)

9

إِنَّا نُهِيْنَا أَنْ تُرَى عَوْرَاتُنَا

Sesungguhnya kita dilarang menampakkan aurat kita. (HR. Al-Hakim)

10

أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِيْنَ إِيْمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا

Orang mukmin yang paling sempurna/baik imannya adalah yang paling baik akhlaknya. (HR. Tirmidzi)

 

TEKNIS:

Di antara teknis pelaksaannya dapat dilakukan dengan beberapa pilihan:

ü Menghafal

Pilih satu hadits, lalu bentuklah kelompok, misalnya satu kelompok terdiri atas 3 anak. Berikan mereka kertas fotocopy hadits atau minta mereka menulis di buku masing-masing hadits yang telah kita catatkan di papan tulis. Lalu fasilitator mencontohkan cara membaca yang benar dan minta anak-anak mengikuti (di sini secara tidak langsung kita bisa mengajarkan baca tulis hadits kepada anak-anak). Kemudian beri mereka waktu (boleh ditentukan fasilitator, misalnya 5 menit. Atau berikan kepada anak-anak pilihan perlu berapa menit untuk menghafalkannya, entah 3, 4, 5 atau seperlunya (dengan teknis ini kita bisa melatih demokratis kepada anak-anak untuk berlatih mengemukakan masukan/idenya). Selanjutnya untuk menghafal ke depan bisa dengan acak kelompok mana yang maju lebih dahulu. Menghafal pun bisa dipilih: per kelompok diwakili 1 anak atau masing-masing anak disuruh menghafalkan.

 

ü Menulis

Berikan 1 hadits pilihan. Beri waktu kelompok atau masing-masing anak untuk mengingat tulisan hadits tersebut. Setelah waktu habis, mintalah anak menuliskan hadits tersebut tanpa melihat teks di kertas yang dibagikan oleh fasilitator.

 

ü Menyambung hafalan

Bentuk kelompok yang terdiri dari masing-masing 3 anak. Kemudian pilih 1 hadits. Misalnya: خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَ عَلَّمَهُ . Lalu kita bagi menjadi:

وَ عَلَّمَهُ

تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ

خَيْرُكُمْ مَنْ

Beri waktu misalnya 5 menit untuk masing-masing anak menghafalkan matan hadits tersebut. Lalu suruh kelompok maju membacakan secara bergiliran berurutan matan haditsnya. Penilaian bisa diskor dari 1-4 meliputi misalnya: Kelancaran, Kefasihan, Kecepatan (pakai stopwatch). Tentunya penilaian ini bisa diadaptasi sesuai sikon rekan-rekan pembaca/fasilitator.

 

ü Menghafal mufradat

خَيْرُكُمْ

Sebaik-baik kalian

مَنْ

Siapa

تَعَلَّمَ

Mempelajari

الْقُرْآنَ

Al-Qur’an

وَ عَلَّمَهُ

Dan mengajarkannya

Materi ini bisa dijadikan sebagai pengantar untuk memberikan doorprize. Teknis pelaksanaan misalnya: bacakan/tuliskan hadits ini, bacakan/tulis mufradatnya. Lalu mungkin setelah pemateri tausiyah, adakan doorprize untuk 5 anak. Siapa yang bisa menjawab dapat diberikan hadiah.

 

TEKNIK PEMBENTUKAN KELOMPOK:

Ø -misalnya kita akan membuat 1 kelompok= 3 anak: tuliskan nama masing-masing anak di secarik kertas, kumpulkan. Lalu fasilitator mengacak nama yang terkumpul lalu mencabut 3 nama yang akan menjadi kelompok 1, kelompok 2 dst.

Ø -misalnya anak yang terkumpul ada 21 orang. Kita bisa menuliskan angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 masing-masingnya di 3 lembar carikan kertas. Mintalah anak mencabut 1 kertas, maka kemudian suruhlah anak yang mencabut angka 1 berkumpul dengan 2 temannya yang lain yang juga mendapat carikan kertas nomor 1, yang mencabut nomor 2 berkumpul sesama nomor 2, dst.

Ø Teknis pembentukan kelompok lainnya yang lebih efektif bisa saudara pengunjung kreasikan sendiri.

 

2.    Hafalan Materi Pengetahuan Islam Dasar

Anak-anak bisa diberikan materi pengetahuan dasar Islam seperti:

Ø Rukun Iman

1

Iman kepada Allah Swt

2

Iman kepada Malaikat

3

Iman kepada Kitab-kitab

4

Iman kepada Rasul

5

Iman kepada Hari Akhir

6

Iman kepada Qadha’ dan Qadr

 

Ø Rukun Islam

1

Syahadat

2

Shalat

3

Puasa

4

Zakat

5

Haji

 

Ø Rukun shalat

1

Berdiri

2

Niat

3

Takbiratul ihram

4

Membaca QS. Al-Fatihah

5

Rukuk dan thuma’ninah

6

I’tidal dan thuma’ninah

7

Sujud 2 kali  dan thuma’ninah

8

Duduk di antara 2 sujud dan thuma’ninah

9

Duduk tahiyat akhir

10

Membaca tahiyat akhir

11

Membaca shalawat

12

Memberi salam

13

Tertib

 

Ø Rukun haji

1

Niat Ihram

2

Wukuf

3

Thawaf

4

Sa’i

5

Tahallul

6

Tertib

 

Ø Nama-nama Malaikat

1

Jibril

2

Mikail

3

Ridwan

4

Malik

5

Munkar

6

Nakir

7

Raqib

8

Atid

9

Israfil

10

Izrail

 

Ø Nama-nama Nabi

1

Adam

6

Ibrahim

11

Yusuf

16

Zulkifli

21

Yunus

2

Idris

7

Luth

12

Ayyub

17

Daud

22

Zakaria

3

Nuh

8

Ismail

13

Syu’aib

18

Sulaiman

23

Yahya

4

Hud

9

Ishaq

14

Musa

19

Ilyas

24

Isa

5

Shalih

10

Ya’qub

15

Harun

20

Ilyasa’

25

Muhammad

 

Ø Nama-nama Bulan Hijriyah

1

Muharram

7

Rajab

2

Shafar

8

Sya’ban

3

Rabi’ul Awwal

9

Ramadhan

4

Rabi’ul Akhir

10

Syawal

5

Jumadil Awwal

11

Dzulqaidah

6

Jumadil Akhir

12

Dzulhijjah

Catatan: untuk memudahkan anak-anak menghafal bisa dibantu dengan memutarkan nasyid nama-nama bulan, nama malaikat, nama nabi dari nasyid grup Raihan misalnya.

3.   Game Teka-teki

Game ini misalnya bisa diambil dari materi yang disampaikan oleh narasumber/penyampai tausiyah/kultum yang bertugas pada hari kegiatan. Misalnya ketika narasumber menyampaikan materi tentang isi kandungan hadits:

الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

Sombong itu adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain (HR. Muslim dari Abdullah bin Mas’ud)

Game ini bisa berupa pertanyaan: 1. Siapa periwayat haditsnya? 2. Siapakah nama sahabat Nabi Saw yang menerima hadits tersebut? 3. Apa pengertian sombong? 4. Apa lawan kata dari sombong? Dan sebagainya.

Atau bisa juga disampaikan materi tentang tajwid: misalnya tentang hukum nun sukun/tanwin. Lalu sampaikan pembagian hukum dan huruf-hurufnya:

Iqlab

ب

Izhar

ء ع ح ه خ غ

Idgham

ي ر م ل و ن

ينمو (بِغُنَّة)

ل ر (بِلَا غُنَّة)

Ikhfa’

ت ث ج د ذ ز س ش ص ض ط ظ ف ق ك  

 

Lalu bisa dibuat variasi game dengan petunjuk...

Berilah tanda pada huruf-huruf di dalam tabel berikut dengan:

Iqlab= O (Lingkaran)

Izhar= ◊ (Persegi)

Idgham= ∆ (Segitiga)~

Ikhfa’= _ (Garis bawah)

ج

ص

ح

ء

ي

ب

ع

ش

ث

ن

ق

ت

و

د

خ

ظ

س

غ

م

ز

ك

ه

ف

ل

ط

ذ

ض

ر

 

4.    LCC

LCC juga bisa diberikan sebagai selingan untuk kegiatan rutin. Berikan fotocopy materi yang akan dilombakan, lalu LCC bisa dilaksanakan pada pertemuan mendatang.

 

5.   Buat Buku Jurnal Kegiatan

Contoh format:

 

Hari/Tanggal                                             : aaa/00-00-0000

Pengisi                                                       :

-         Mc                                                         = ....

-         Narasumber/Materi (Tausiyah )        = ............/.....................................................................

.......................................................................................

.......................................................................................

-         Kegiatan                                              =

 Walhamdulillahirabbil’alamin.

Sekian, salam takzim, Anassekuduk.

Rabu, 22-12-2021. Dimulai +-10.00-12.50 wib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KHUTBAH JUM'AT: SEMANGAT TAHUN BARU HIJRIYAH DAN MUHASABAH

                اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ َوَرَحْمَتُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ اَلْحَمْدُ لِلّهِ نَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُوْهُ وَنَعُوْذُ ب...