Jumat, 12 Maret 2021

SOAL LATIHAN UJIAN AKHIR MADRASAH MAPEL QUR'AN HADITS (BERDASARKAN KISI-KISI KURTILAS 2017/2018)

 

SOAL PERSIAPAN UAMBN BERDASARKAN KISI-KISI K13 TAPEL 2017/18

1.       Di dalam hadits, disebutkan tentang tidak bolehnya laki-laki memakai sutra. Sementara di dalam Al-Qur’an tidak ada ayat yang menyebutkan hal tersebut. Fungsi hadits berdasarkan pernyataan tersebut ialah.....(kd1)

a.       Membatasi keumuman Al-Qur’an

b.       Memperjelas ayat Al-Qur’an yang masih global/mujmal/umum

c.        Menetapkan hukum yang belum terdapat dalam Al-Qur’an

d.       Mengukuhkan hukum yang telah ada dalam Al-Qur’an

2.       Dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa kita harus berbakti kepada orang tua. Lalu dalam hadits, Nabi Saw bersabda keharusan berbakti kepada orang tua. Hal ini menunjukkan fungsi hadits sebagai.....

a. Membatasi keumuman Al-Qur’an

b. Memperjelas ayat Al-Qur’an yang masih global/mujmal/umum

c.  Menetapkan hukum yang belum terdapat dalam Al-Qur’an

d. Mengukuhkan hukum yang telah ada dalam Al-Qur’an

3.       x$­ƒÎ) ßç7÷ètR y$­ƒÎ)ur ÚúüÏètGó¡nS ÇÎÈ  

 (Al-Fatihah: 5). Ayat tersebut isi kandungannya ialah.....(kd2)

a.       Hanya Allahlah tempat kita bergantung

b.       Allah adalah tuhannya manusia

c.        Kita menyembah dan meminta pertolongan hanya kepada Allah

d.       Allah yang menguasai hari pembalasan

4.        Al-Falaq dan An-Nas disebut juga dengan surat Al-Muawwidzatain, maksudnya.....(kd2)

a.       berisi permohonan perlindungan kepada Allah                    

b.       Surat yang mengandung makna pengesaan Allah  

c. Surat yang merupakan ayat penyembuh                             

d. memberi ketenangan pada pembacanya

KD. 3

5.      الإمان بضع وسبعون شعبة فأفضلها قول لا اله الا الله وادناها اماطة الأذى عن الطريق والحياء شعبة من الإيمان . ( رواه مسلم عن ابى هريرة

Lafal yang bergaris bawah artinya......

a.       Iman itu ada 71 cabang                                                              

b.       Yang paling utama ialah “La ilaha Illallah”                  

c. menyingkirkan gangguan dari jalan  

d. Dan malu itu sebagian dari iman

6.      قال الله تعالى ان خير شريك فمن أشرك معي شريكا فهو للشريك يأيها الناس أحلصوا أعمالكم لله فإن الله لا يقبل من الأعمال إلا ما خلص له . ولا تقول هذا لله وللرحم فإنها لرحمه وليس لله منها شيئ ولا يقولوا لله ولوجوهكم فإنها لوجوهكم وليس لله منها شيئ . (رواه البزار عن الضحاق

Lafal yang bergaris bawah artinya......

a.       Aku adalah sebaik-baik sekutu                                               

b.       Beramallah ikhlas karena Allah                               

c. Tidaklah Allah menerima amalmu

d. Kecuali dilakukan dengan ikhlas

7.       Kaitan iman dan ibadah berdasarkan HR. Muslim dan HR. Al-Bazzar di atas ialah...

a.       Iman menjadi syarat diterimanya ibadah                             

b.       Iman itu cukup dengan keyakinan hati                 

c. Larangan untuk berlaku riya’

d. Setiap amal tergantung niat

KD.4

8.       Bila huruf qalqalah berada di ujung lafal/ayat, dan dibaca sukun, maka hukumnya qalqalah....

a.       Sughra                           

b. Kubra                                

c. Tarqiq                

d. tafkhim

9.       يَلِدْ وَلَمْ merupakan contoh bacaan qalqalah.....

a.       Sughra                           

b. Kubra                                

c. Tarqiq                

d. Tafkhim

10.    وَمَاكَسَبَ merupakan contoh bacaan qalqalah......

a.       Sughra                           

b. Kubra                                

c. Tarqiq                

d. Tafkhim

KD.5

KD. 6

KD7

11.    Berhenti pada fathatain (tanwin fathah/ً) dan dibaca mad (panjang) ialah pengertian mad...

a.   Aridh lisukun                

b. Iwadh                                

c. Tamkin              

d. Badal

12.    Bacaan panjang (mad) yang terjadi katika mad asli/tabi’i bertemu huruf yang dibaca mati di ujung lafal merupakan pengertian dari mad.......

a. Aridh lisukun                

b. Iwadh                                

c. Tamkin              

d. Badal

13.    Bacaan panjang (mad) yang terjadi ketika huruf berbaris fathah (baris atas) diikuti و sukun atau ي sukun dan huruf seterusnya dibaca sukun (mati) karena waqaf (berhenti) merupakan pengertian dari mad......

a. Aridh lisukun                

b. Iwadh                                

c. Tamkin              

d. Layyin  

14.    Lafal مِنْ خَوْفٍ adalah contoh mad.......

a. Aridh lisukun                

b. Iwadh                                

c. Tamkin              

d. Layyin  

15.    Lafal اَحَدًا adalah contoh mad.......

a. Aridh lisukun                    

b. Iwadh                                

c. Tamkin              

d. Badal

16.    Lafal مُسْلِمِيْنَ adalah contoh mad.......

a. Aridh lisukun                    

b. Iwadh                                

c. Tamkin              

d. Badal

KD. 8

17.                        üÏ%©!$# OßgyJyèôÛr& `ÏiB 8íqã_ NßgoYtB#uäur ô`ÏiB ¤$öqyz ÇÍÈ  

(Quraisy: 4) tersebut menjelaskan tentang......

a. Nikmat Allah berupa waktu luang                           

b. Diangkatnya nama Nabi Saw                                  

c. Pentingnya menuntut ilmu

d. Nikmat makanan dan keamanan

18.    Orang Quraisy melakukan perjalanan di musim dingin dan panas untuk melakukan aktifitas...

a.  Mengembala ternak                   

b. Bertani                              

c. Berdagang                        

d. Nelayan

19.    Berikut ini yang merupakan contoh rezeki dalam surat Al-Insyirah ialah....

a. Makanan                      

b. Minuman          

c. Keuntungan dagang       

d. Waktu luang

KD. 9

KD. 10

20.    Lafzul jalalah (lafal Allah) didahului huruf berharakat kasrah (baris bawah) hukumnya.....

a.  Tafkhim        

b. Tarqiq                

c. Jawazul wajhain              

d. Mufakhkhamah

21.    Ra berharakat dhammah (baris depan) hukumnya......

a. Tafkhim            

b. Tarqiq                

c. Jawazul wajhain              

d. Muraqqaqah  

22.    Huruf berharakat kasrah (baris bawah) diikuti ra sukun diikuti huruf isti’la, merupakan penjelasan hukum...

a. Tafkhim        

b. Tarqiq                

c. Jawazul wajhain              

d. Mufakhkhamah

23.    Jawazul wajhain maksudnya.....

a.  Dibaca tipis                   

b. Dibaca tebal                     

c. Dibaca sedang           

d. Boleh tebal & tipis

24.    نَارُالله mengandung hukum ra......

a.  Jawazul wajhain          

b. Tafkhim            

c. Tarqiq                

d. muraqqaqah

25.    بِذِكْرِالله hukumnya secara berurutan ialah......

a.  Ra tarqiq, lam tarqiq                                  

b.  Ra tarqiq, lam tafkhim                              

c. Ra tafkhim, lam tafkhim

d. Ra tafkhim, lam tarqiq

26.    فِرْقٍ hukumnya........

a. Muraqqaqah                                

b. Tafkhim                            

c. Tarqiq                

d. Jawazul wajhain

KD. 11

27.    Menurut Al-Humazah: 3, pengumpat dan pencela selalu menghitung hartanya, karena menganggap bahwa..

a.   Hartanya selalu kurang                                             

b.  Hartanya akan dipertanggungjawabkan                               

c. Harta itu akan membuatkan hidup kekal

d. Keuntungan besar selalu datang padanya

28.    Orang yang bermegah-megahan hanya akan berhenti ketika ia masuk kubur (mati). Pernyataan ini sesuai dengan At-Takatsur ayat....

a.       2                      

b. 3                         

c. 4                          

d. 5

KD. 12

29.  المؤمن القوي خير وأحب الى الله من المؤمن الضعيف وفي كل خير . احرص على ما ينفعك واستعن

 بالله ولا تعجز. (رواه مسلم عن ابى هريرة

Arti dari lafal yang bergaris bawah ialah.....

a.       Orang mukmin yang kuat lebih baik dan dicintai Allah

b.       Bersemangatlah untuk mencapai apa yang bermanfaat bagimu

c.        Dan pada masing-masing ada kebaikannya

d.       Dan janganlah kamu merasa tak berdaya (merasa lemah)

30.  لأن يأخذ احدكم احبلا فيأخذ حزمة مِنْ حَطَبٍ فيبيع فيكف الله به وجهه خير من أن يسأل الناس اعطي ام منع.

(رواه البخارى عن الزبير بن العوام

Arti dari lafal bergaris bawah ialah......

a.  Sungguh, jika salah seorang kamu mengambil tali              

b.  Lebih baik dari meminta-minta                                                               

c. Kemudian ia mencari seikat kayu bakar

d. Allah Mencukupkan kebutuhan dirinya

31.  ليس بخيركم من ترك دنياه لآخرته ولاأخرته لدنياه حتى يصيب منهما جميعا فان الدنيا بلاغ الى الأخرة ولا تكونوا كلا على الناس. (رواه ابن عساكر عن انس

Berikut ini yang bukan isi kandungan hadits di atas ialah......

a.       Kita tidak perlu bersungguh-sungguh untuk dunia karena hidup hanya sementara

b.       Kehidupan dunia ialah sarana untuk mencapai kehidupan akhirat

c.        Muslim yang baik akan menyeimbangkan hidup dunia akhiratnya

d.       Janganlah membiarkan diri kita jadi beban orang lain dan berusaha mandiri

KD. 13

32.    Huruf ha dhamir dibaca mad mad dan tidak diikuti huruf hamzah ialah pengertian mad.....

a.   Farqi               

b. Shilah qashirah                                

c. Shilah thawilah                                

d. Badal

33.    Huruf ha dhamir dibaca mad dan bertemu huruf hamzah hukum madnya......

a. Farqi                  

b. Shilah qashirah                                

c. Shilah thawilah                                

d. Badal

34.    Berkumpulnya huruf mad dan hamzah dalam satu kata merupakan pengertian mad......

a.  Farqi               

b. Shilah qashirah                                

c. Shilah thawilah                                

d. Badal

35.    Bertemunya 2 huruf ya: yang pertama berharakat kasrah (baris bawah) dan bertasydid diikuti ya kedua berharakat sukun (mati) ialah pengertian mad.......

a. Farqi                  

b. Shilah qashirah                                

c. Tamkin               

d. Badal

36.    Bila mad badal bertemu huruf yang bertasydid hukumnya.....

a. Farqi                  

b. Shilah qashirah                                

c. Tamkin               

d. Badal

37.    حُيِّيْتُمْ، عِلِّيِّيْنَ, hukumnya....

a. Farqi                  

b. Shilah qashirah                                

c. Tamkin               

d. Badal

38.    قُلْ ءآللهُ dan ءَآالذَّكَرَيْنِ hukumnya......

a. Farqi                  

b. Shilah qashirah                                

c. Tamkin               

d. Badal

39.    مَالُهٌ وَمَا، لَعَلَّهُ يَزَّكَّى, hukumnya.....

a. Farqi                  

b. Shilah qashirah                                

c. Shilah thawilah                                

d. Badal

40.    عِلْمِهِ إِلَّا، عِنْدَهُ إِلَّا, hukumnya......

a. Farqi                  

b. Shilah qashirah                                

c. Shilah thawilah                                

d. Badal

41.    Membedakan antara kalimat perntanyaan dan pernyataan/berita, merupakan fungsi mad...

a.  Farqi               

b. Shilah                                

c. Tamkin               

d. Badal

KD. 14

42.    يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْث....Isi kandungan yang sesuai ayat di atas ialah......

a.       Pada hari kiamat, gunung-gunung meletus mengeluarkan seluruh isinya.

b.       Pada hari kiamat, bumi akan bergoncang dengan dahsyatnya

c.        Pada hari kiamat, gunung hancur seperi bulu berhamburan

d.       Pada hari kiamat, manusia panik berlarian tak tentu arah seperti laron beterbangan

43.    فَاَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهُ Terjemahan ayat tersebut ialah.....

a.       Maka adapun orang yang berat timbangan kebaikannya

b.       Maka adapun orang yang ringan timbangan kebaikannya

c.        Maka tempat kembalinya neraka Hawiyah

d.       Itulah api yang sangat panas

44.     فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ. Perilaku sesuai ayat tersebut ialah.....

a.  Beramal baik meskipun sedikit                                

b. Selalu berdoa agar hidup bahagia           

c. Memperbanyak mohon ampunan Allah

d. Mensyukuri nikmat yang diberi Allah

45.    Manusia diberikan Allah akal pikiran, kebebasan untuk memilih dan berbuat apa saja yang ia kehendaki. Dalam Al-Qariah dan Az-Zalzalah, Allah menerangkan perbuatan baik manusia akan mendapat balasan. Ayat yang sesuai dengan pernyataan tersebut ialah....

a.  Al-Qari’ah: 3 dan Az-Zalzalah: 6                            

b.  Al-Qari’ah: 4 dan Az-Zalzalah: 3                            

c. Al-Qari’ah: 7 dan Az-Zalzalah: 7

d. Al-Qari’ah: 5 dan Az-Zalzalah: 1

46.    اَشْتَاتًا.... lafal yang bergaris bawah artinya....

a.  Berseri-seri                    

b. Berkelompok-kelompok                               

c. Bersuka cita     

d. Bercerai berai

KD. 15

47.    مَنْ اَحْيَى اَرْضًا مَيِّتَةً فَهِيَ لَهُ . رواه الترمذي عن جابر بن عبدالله. Berikut ini yang tidak termasuk isi kandungan hadits HR. Tirmidzi tersebut ialah.....

a.       Tanah yang mati ialah tanah yang digunakan untuk lahan kuburan

b.      Menghidupkan bumi bisa diartikan memanfaatkan tanah yang terbiar

c.       Tanah yang mati ialah tanah yang kering atau tidak terawat

d.      Orang yang membuka lahan berhak atas tanah yang dibukanya tersebut

48.                        نَهَى رَسُوْلُ الله عَنْ اِخْصَاءِ الْخَيْلِ وَالْبَهَائِمِ . رواه احمد عن ابن عمر.

Terjemahan dari lafal HR. Ahmad tersebut ialah.....

a.   Sesungguhnya Nabi SAW. melarang (seseorang) mengurung setiap yang bernyawa dan mengebiri binatang-binatang dengan larangan yang keras.

b.      Rasulullah SAW. melarang mengebiri kuda dan binatang-binatang.

c.       Barang siapa menggali suatu sumur, maka ia (berhak) empat puluh hasta sebagai kandang ternaknya.

d.      Barang siapa menghidupkan suatu bumi yang mati, maka bumi itu baginya (miliknya).

49.    اَنَّ النَّبِيَّ نَهَى صَيْرِ الرُّوْحِ وَعَنْ اِخْصَاءِ الْبَهَائِمِ نَهْيًا شَدِيْدًا. Terjemahan HR. Al-Bazzar tersebut ialah..........

a. Sesungguhnya Nabi SAW. melarang (seseorang) mengurung setiap yang bernyawa dan mengebiri binatang-binatang dengan larangan yang keras.

b. Rasulullah SAW. melarang mengebiri kuda dan binatang-binatang.

c. Barang siapa menggali suatu sumur, maka ia (berhak) empat puluh hasta sebagai kandang ternaknya.

d. Barang siapa menghidupkan suatu bumi yang mati, maka bumi itu baginya (miliknya).

50. Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan hadits Rasulullah Saw tentang lingkungan ialah.....

a. Bolehnya mengebiri semua binatang

b. Boleh membuka tanah baru untuk dimanfaatkan

c. Dilarang mengurung binatang bukan ternakan yang biasanya hidup di alam bebas

d. Anjuran untuk menggali sumur terutama di daerah yang kesulitan air

KD. 16

51.    Bertemunya mad badal dengan huruf berharakat sukun ialah pengertian mad......

a.  Mad lazim mukhaffaf kilmi/kalimi        

b.  Mad lazim mutsaqqal kilmi/kalimi         

c. Mad lazim mukhaffaf harfi

d. Mad lazim mutsaqqal harfi

52.    Jika mad ashli/tabi’i diikuti huruf bertasydid dalam satu kata, hukumnya mad.....

a. Mad lazim mukhaffaf kilmi/kalimi            

b. Mad lazim mutsaqqal kilmi/kalimi             

c. Mad lazim mukhaffaf harfi

d. Mad lazim mutsaqqal harfi

53.    Jika salah satu huruf ن ق ص ع س ل ك م berada di awal surat (fawatihus suwar), maka hukum madnya.....

a. Mad lazim mukhaffaf kilmi/kalimi            

b. Mad lazim mutsaqqal kilmi/kalimi             

c. Mad lazim mukhaffaf harfi

d. Mad lazim mutsaqqal harfi

54.    Jika salah satu huruf dari rumusan: ح ي ط ه ر berada di awal surat, hukumnya......

a. Mad lazim mukhaffaf kilmi/kalimi            

b. Mad lazim mutsaqqal kilmi/kalimi             

c. Mad lazim mukhaffaf harfi

d. Mad lazim mutsaqqal harfi

55.    طه hukum madnya......

a. Mad lazim mukhaffaf kilmi/kalimi            

b. Mad lazim mutsaqqal kilmi/kalimi             

c. Mad lazim mukhaffaf harfi

d. Mad lazim mutsaqqal harfi

56.    يس~, س pada lafal tersebut hukumnya.....

a. Mad lazim mukhaffaf kilmi/kalimi            

b. Mad lazim mutsaqqal kilmi/kalimi             

c. Mad lazim mukhaffaf harfi

d. Mad lazim mutsaqqal harfi

57.    الضَّالَّيِيْنَ, طَامَّتُ, كَافَّة, merupakan contoh mad......

a. Mad lazim mukhaffaf kilmi/kalimi            

b. Mad lazim mutsaqqal kilmi/kalimi             

c. Mad lazim mukhaffaf harfi

d. Mad lazim mutsaqqal harfi

58.    ءآلْئَنَ merupakan contoh mad......

a. Mad lazim mukhaffaf kilmi/kalimi            

b. Mad lazim mutsaqqal kilmi/kalimi             

c. Mad lazim mukhaffaf harfi

d. Mad lazim mutsaqqal harfi

KD. 17

59.    Menurut Al-Ashr: 3, ada 3 syarat agar kita tidak termasuk orang yang merugi, kecuali......

a.  Beriman dan beramal shaleh                    

b.  Shalat dan berkurban                                 

c. Menasehatkan kesabaran

d. Mengingatkan kepada kebenaran

60.    Dalam Al-Alaq: 1, dapat dipahami bahwa Allah Swt menerintahkan kita untuk membaca ayat (tanda kebesarannya). Ayat qauliyah ialah yang difirmankanNya dalam Al-Qur’an, sedangkan ayat kauniyah ialah ayatnya yang ada di.....

a.  Hadits Nabi                   

b. Lauh mahfuzh                               

c. Surga                  

d. Penciptaan/keadaan alam semesta

61.    Dalam Al-Alaq: 2, terkandung anjuran mengkaji tanda kekuasaan Allah lewat bidang ilmu......

a.  Embriologi                    

b. Fiqih                   

c. Geografi            

d. Kimia

62.    Dalam AL-Alaq: 3,  Allah Swt menyebutkan sifatNya yang Maha.......

a.  Kuasa                            

b. Mulia                 

c. Suci                    

d. Tinggi

63.    Dalam Al-Alaq: 4, Allah Swt menjelaskan bahwa Dia mengajar lewat perantara Kalam. Kalam ini dapat diartikan dengan......

a.  Buku                              

b. Alam                  

c. Pena                   

d. Tulisan

64.    عَلَّمَ الْاِسَانَ مَالَمْ يَعْلَمْ. Perilaku yang sesuai ayat tersebut ialah.....

a.       Mendirikan shalat dan berkurban sebagai bentuk syukur

b.       Menyadari hakikatnya semua Ilmu pengetahuan berasal dari Allah dan tekun belajar

c.        Mengagumi alam ciptaan Allah dan berusaha menjaga kelestariannya

d.       Mengingatkan keluarga dan sahabat akan kebenaran dan kesabaran

KD. 18

65.                        عن أنس بن مالك قال : قال رسول الله طلب العلم فريضةعلى كل مسلم وواضع العلم عند

غير أهله كمقلد الخنازير الجوهر واللؤلؤ والذهب. (رواه ابن ماجه

Isi kandungan dari HR. Ibnu Majah ialah sebagai berikut, kecuali.......

a.       Menuntut ilmu wajib atas semua umat Islam

b.       Memberikan ilmu kepada bukan ahlinya ialah tindakan sia-sia

c.        Kewajiban menuntut ilmu bagi laki-laki dan wanita

d.       Orang yang belajar akan mendapat permata, mutiara dan emas

66.                        عن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما قال اخذ رسول الله بمنكبي فقال كن في الدنيا كأنك

 غريب او عابر سبيل وكان ابن عمر يقول اذا امسيت فلا تنتظر الصباح واذا اصبحت فلا تنتظر

 المساء وخذ من صحتك لمرضك ومن حياتك لموتك . (رواه البخارى

Lafal yang bergaris bawah artinya.........

a.       Bila kamu di pagi hari, janganlah menunggu sore

b.       Gunakan waktu sehatmu untuk menghadapi waktu sakitmu

c.        Gunakan waktu hidup sebelum datang kematianmu

d.       Jadilah kamu di dunia seakan orang asing atau orang yang sedang melewati jalan

67.    Yang tidak termasuk Isi kandungan HR. Bukhari dan HR. Ibnu Majah di atas ialah...........

a.  Anjuran untuk menuntut ilmu                  

b.  Kita harus menghargai waktu                   

c. Jangan bermalas-malasan

d. Setiap kita harus menjadi ulama/ustadz

 

Disusun: Nasrullah (anassekuduk, upload 12 Maret 2021)

Moga bermanfaat, sekian, salam takzim....wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KHUTBAH JUM'AT: SEMANGAT TAHUN BARU HIJRIYAH DAN MUHASABAH

                اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ َوَرَحْمَتُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ اَلْحَمْدُ لِلّهِ نَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُوْهُ وَنَعُوْذُ ب...